Upacara Tabur Bunga Warnai Peringatan HUT RI ke-75 di Karimun

Karimun – Upacara tabur bunga menjadi salah satu agenda peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Kegiatan ini dilangsung di Dermaga Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, Senin (17/8), yang dipimpin Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan dihadiri Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Denny.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengungkapkan, peringatan HUT RI ke-75 digelar secara berbeda dari tahun sebelumnya mengingat situasi dan kondisi pandemi COVID-19.

“Namun demikian semangat dan rasa nasionalisme, rasa cinta kita kepada NKRI tidak akan pernah sirna, tidak akan pernah luntur,” ujar Rafiq.

Menurutnya, upacara adalah bagian dari bentuk penghargaan dari para pejuang dan pendiri bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pelaksanaan upacara tabur bunga peringatan HUT RI ke-75 di dermaga Mako Lanal TBK. Foto: Nichita Bella

“Semangat dari para pejuang tetap berkobar ditengah-tengah kita, kita sebagai anal bangsa, sebagai bagian dari penyelanggara pemerintah untuk mengisi kemerdekaan ini, kita harus siap,” tuturnya.

Sementara, Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Mandri Kartono mengatakan, tabur bunga menjadi bagian dari tradisi dalam memperingati HUT RI.

“Indonesia tidak terlepas dari tradisi, tradisi-tradisi baik yang memang bisa dilanjutkan dan dipertahankan, jadi salah satu rangkaian dalam peringatan HUT RI ini adalah tabur bunga,” ucapnya.

Maknanya, kata dia, adalah untuk memberikan penghormatan terhadap jasa para pahlawan dan pendahulu negeri yang berjuang untuk meraih kemerdekaan.

“Ingat kemerdekaan RI ini itu hasil dari merebut, bukan hasil dari pemberian. Jadi itu perlu ditekankan, dan itu semua tentu saja tidak terlepas dari jasa para pendahulu kita,” terangnya.

Selain itu, dalam pelaksanaan upacara tabur bunga ini, diisi denga agenda pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur di hari yang sakral bagi bangsa Indonesia yakni hari Kemerdekaan RI.

Pemotongan Tumpeng peringatan HUT RI ke-75 di Mako Lanal TBK. Foto: Nichita Bella
https://youtu.be/MjmGMMTyTXI

*Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *