PT Timah TBK Latih Para Nelayan Membudidaya Kepiting Secara Gratis


Karimun, Kundur- Guna memberikan peluang usaha untuk penambahan ekonomi kepada masyarakat nelayan di Kecamatan Kundur Barat dimasa pandemi covid-19, PT Timah Persero Tanjungbalai Karimun (TBK) Wilayah Kepri dan Riau  memberikan pelatihan budidaya Kepiting secara gratis di Wisma PT Timah, Selasa (27/10/20) Pagi

Kepiting bakau adalah salah satu primadona dari hutan mangrove. Sebagai upaya melestarikan hutan mangrove,  PT Timah TBK Wilayah Operasi Kepri dan Riau selalu melakukan kegiatan reklamasi seperti penanaman mangrove.


Selain itu melalaui program Pengembangan Pemberdayaan Masyrakat (PPM), PT Timah TBK  juga menggandeng masyarakat nelayan untuk membudidayakan bibit mangrove pada beberapa tahun yang lalu, dan sampai saat ini pembibitan oleh kelompok nelayan tersebut tetap berjalan.

Pada kesempatan kali ini, PT Timah TBK Wilayah Kepri dan Riau, melalaui Divisi CSR nya dengan Program PPM memberikan pelatihan Budidaya Kepiting  kepada masyarakat nelayan di Kecamatan Kundur Barat.


Pelatihan budidaya kepiting yang dibuka langsung oleh General Manager (GM) PT Timah TBK Robertus Bambang Susilo, diikuti kurang lebih 35 orang perwakilan dari masyarakat nelayan dan pemuda se Kecamatan Kundur Barat dengan tetap mengedepankan protocol kesehatan seperti memakai masker, melakukan cek suhu tubuh, mencuci tangan serta menyediakan handsanitizer.

Dalam pelatihan tersebut, PT Timah TBK Wilayah Kepri dan Riau menghadirkan pembicara bernama Saiful dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karimun.


PT Timah juga langsung menghadirkan 2 orang pembudidaya kepiting yang telah sukses dari Kecamatan Moro bernama Topik dan Sugiarto untuk memberikan pengalamannya hingga sukses dalam membudidayakan kepiting


General Manager (GM) PT Timah TBK Robertus Bambang Susilo menyampaikan bahwa perusahaan PT Timah akan senantiasa memperhatikan nelayan disekitar wilayah operasionalnya salah satunya dengan memberikan bekal pengetahuan dan pelatihan.


“Kami berharap para nelayan akan memdapatkan nilai lebih atau pendapatan tambahan selain hasil dari melaut. Budidaya kepiting mungkin tidak semudah yang diucapkan akan tetapi saya yakin akan kemampuan dari bapak bapak disini. Namun perusahaan akan tetap melakukan pendampingan dalam pelaksanaanya serta tetap dimonitor oleh UPTD Dinas perikanan, jadi apabila terjadi kendala dapat disampaiakan kepada tim penyuluh,” ungkap Robertus


Selain materi secara teori, para peserta juga diajak Pratik langsung kelokasi percontohan budidaya kepiting di Pantai Tuah Desa Sawang.


Kegiatan Pelatihan Budidaya Kepiting dihadiri oleh Kadis Perikanan Kabupaten Karimun Ahmadi, Camat Kundur Barat Murnizam, UPTD Dinas Perikanan Eva Susanti, Lurah Sawang Eko Irwanto, Kepala Desa se-Kecamatan Kundur Barat/utara, Ketua nelayan Stunak dan Kenipaan dari Kecamatan Karimun, Danpos AL-Selat Beliah, Kapolpos Airud Selat Beliah, Bhabinsa Desa Gemuruh serta para peserta pelatihan.


Nichita Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *