Selasa, April 13, 2021
Beranda Karimun Akan Jadi Agrowisata, Bupati Karimun Aunur Rafiq Dukung Perkembangan Pantai Karomah...

Akan Jadi Agrowisata, Bupati Karimun Aunur Rafiq Dukung Perkembangan Pantai Karomah di Desa Jang


Karimun- Melalui Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama rombongan berlayar menuju Desa Jang Kecamatan Moro Kabupaten Karimun Kepulauan Riau pada Kamis (23/7/2020) Pagi.


Setibanya di Desa Jang, Bupati Karimun yang juga ditemani oleh istri tercinta Raja Asmah berboncengan menuju sebuah pantai yang indah bernama Pantai Karomah dengan menggunakan sepeda motor untuk bertemu ramah dengan masyarakat sekitar.


Setibanya di Pantai Karomah, Bupati beserta istri disambut hangat oleh masyarakat yang juga terdiri dari kader posyandu Kecamatan Moro.


Dalam sambutannya, Kepala Desa Jang Kecamatan Moro, Kurniawan  menyampaikan berbagai keunggulan tempat wisata yang ada di Desa Jang khususnya di Pantai Karomah.


“Potensi wisata di Desa Jang ini memiliki pantai yang sangat indah, berhadapan langsung dengan pantai telunas, tanpa dana Desa masyarakat kami sudah memulai membuat dulu kreatifitas untuk keindahan di sini. Kami berharap Bapak Bupati memperhatikan perkembangan-perkembangan potensi wisata di daerah  kita,” ungkap Kepala Desa Jang Kecamatan Moro, Kurniawan 


Kata Kurniawan, tidak sedikit masyarakat dari Tanjungbalai Karimun datang ke daerahnya untuk menikmati liburan dengan memancing menggunakan perahu atau speed boat karena di sana memiliki laut yang dikenal banyak terdapat ikan.


“Desa Jang juga memiliki laut yang ikannya banyak, ikan parang ikan tenggiri banyak sekali di sini, banyak peminat dari Karimun ke moro untuk datang memancing. Kalau ada masyarakat yang mau datang, kendaraan kami banyak, dari boat sampan sampai kapal pun ada, jadi supaya mendukung ekonomi masyarakat juga,” ujar Kurniawan


Sementara Bupati Karimun Aunur Rafiq sangat mengapresiasi dengan apa yang diperbuat masyarakat sekitar Desa Jang yang telah berupaya dalam mengindahkan destinasi wisata di Pantai  yang memiliki terumbu karang tersebut.

“Kita telah meresmikan destinasi wisata pantai Karomah di Desa Jang, itu sangat baik dan itu adalah inovasi Desa untuk membuat paket wisata, dari pantai Karomah menuju ke Pantai Mandah, Pantai Mandah itu ada pengembangan Penyu di sana, nanti ada paket juga mereka akan kembangkan dari BUMDES nya, untuk sarana mungkin mancing, dengan permainan air mungkin ada banana boat dari pantai Karomah menuju pantai mandah yang jaraknya tidak begitu jauh,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq

Kata Bupati Rafiq, dengan semangat masyarakat sekitar Desa Jang yang telah berkarya memperindah destinasi wisata Pantai Karomah , pihaknya juga akan ikut berupaya untuk menjadikan pantai tersebut semakin indah seperti  agrowisata sehingga bisa dinikmati masyarakat banyak.


Bupati Rafiq juga meminta masyarakat sekitar menambah lebih banyak lagi spot foto sehingga dapat digunakan para anak-anak milenial maupun masyarakat umum untuk mengabadikan moment-moment nya di Pantai Karomah.


“Kita juga merespon adanya jalan untuk peningkatan jalan semenisasi lebih kurang 1 kilometer untuk menuju kawasan wisata tersebut, tadi Dinas Pertanian juga saya minta kan kawasan itu menjadi suatu kawasan agro wisata, kita ganti pohon-pohon sawit itu kepada pohon-pohon buah-buahan. Kita akan bantu bibitnya,” jelas Bupati Rafiq


Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun Sukrianto Jaya Putra menambahkan bahwa pihaknya telah menitipkan berkas kepada masyarakat untuk membentuk kelompok tani sehingga pihaknya dapat dengan mudah menghibahkan bantuan yang akan diajukan tahun 2021 nantinya.


“Kita menindak lanjuti apa yang diintruksikan oleh pak Bupati, pertama kita minta masyarakat untuk membuat kelompok tani di sana, setelah terbentuk baru kita bisa hibahkan bibit-bibit pohon buah-buahan maupun alat pengolah lahannya seperti hand traktor roda 2. Untuk jumlahnya itu tergantung hasil survei dulu dan tergantung permintaan mereka nanti kita sesuai kan,” pungkas Sukri


Menurut pantauan, Bupati Rafiq beserta istri pun sempat mengabadikan moment keromantisannya di tepi pantai yang damai tersebut.
Dengan hati yang tenang, Bupati Rafiq bersama istri dan rombongan meninggalkan pantai Karomah dan melanjutkan perjalanan menuju ke pulau Moro.

Jangan lupa dukung dengan cara like, comnent, subscribe dan share🙏🙏

*Nichita Bella

GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular