Selasa, April 13, 2021
Beranda Karimun Banyak Hal Baru, KPU Karimun Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Banyak Hal Baru, KPU Karimun Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Karimun – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Sabtu (21/11/2020).

Jika biasanya simulasi digelar di sekitar Kantor KPU Kabupaten Karimun yang berada di Jalan Soekarno Hatta Poros Kelurahan Sungai Pasir Kecamatan Meral.

Pada tahun ini, simulasi yang digelar serentak se-Indonesia itu dilakukan di Lapangan Bola Kaki Alor Jongkong, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, pandemi COVID-19 menjadi alasan pihaknya menggelar simulasi di daerah tersebut.

Menurutnya, simulasi yang dilakukan itu, untuk melihat bagaimana cara dan kesiapan seluruh petugas dalam pemilihan serentak pada 9 Desember 2020 mendatang di tengah pandemi COVID-19.

“Kami ingin memberikan gambaran kepada masyarakat, agar tidak takut untuk menggunakan hak suaranya karena kita telah siapkan kelengkapan tahapan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Eko, diwawancara usai kegiatan.

Eko menjelaskan, penerapan protokol kesehatan yang m ketat itu diantaranya sebelum masyarakat datang ke TPS yang telah disiapkan.

Petugas terlebih dahulu melakukan sterilisasi di lokasi pemungutan suara dengan penyemprotan cairan disenfektan.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan jaga jarak saat antri untuk menggunakan hak suaranya dan menyediakan tempat untuk mencuci tangan dengan sabun serta dilakukan pengecekan suhu tubuh.

“Pada hari pemilihan nanti, masyarakat diwajibkan menggunakan masker sedangkan petugas di TPS juga menggunakan alat pelindung diri,” katanya.

Lebih lanjut, Kata Eko, penerapan protokol kesehatan memang sudah menjadi prioritas pihaknya agar partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dapat meningkat di tengah pandemi COVID-19.

Untuk itu ia menegaskan akan menjamin keamanan, kesehatan dan kenyamanan masyarakat dalam proses pemungutan suara.

“Masyarakat jangan takut ke TPS, upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 kita lalukan dengan optimal. Mari, kita gunakan hak suara dengan datang ke TPS pada 9 Desember 2020 nanti,” ucap Eko Purwandoko.

Simulasi tersebut turut diikuti oleh Pjs Bupati Karimun, Herry Andrianto, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, perwakilan Dandim 0317/TBK, Pemda Karimun, Bawaslu Karimun, serta masyarakat yang turut mengikuti dalam simulasi.

Berikut 12 Hal Baru di TPS Pemilihan Serentak 2020:

1. Wajib menggunakan masker

2. Menjaga jarak

3. Tersedia tempat cuci tangan

4. Pengukuran suhu tubuh

5. Disediakan sarung tangan plastik

6. Tinta tetes

7. Maksimal 500 pemilih dalam 1 TPS

8. KPPS memiliki APD

9. Pengaturan kedatangan

10. Disenfektan berkala di TPS

11. Bilik khusus ( pemilih > 37,3°C)

12. Dilarang berkerumunan, hindari kontak fisik

*Redaksi

GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular