Kamis, Mei 6, 2021
Beranda Oto Techno CatchUp, Aplikasi Besutan Facebook Untuk Telepon 8 Orang Sekaligus

CatchUp, Aplikasi Besutan Facebook Untuk Telepon 8 Orang Sekaligus

beritakita.info –  Facebook merilis sebuah aplikasi baru. Aplikasi bernama CatchUp ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara ramai-ramai. 

CatchUp dapat menampung sebanyak delapan peserta secara bersama-sama. Meski dibuat oleh Facebook, untuk dapat menggunakan CatchUp, pengguna tidak diwajibkan memiliki akun media sosial Facebook atau aplikasi lainnya. 

Lewat aplikasi ini, pengguna dapat melakukan panggilan audio melalui daftar kontak ponsel yang dimiliki.

Istimewanya, aplikasi ini dapat menampilkan status pengguna apakah ia sedang dapat dihubungi telepon atau tidak. 

Menurut pihak Facebook, kebanyakan orang tidak mengetahui apakah lawan bicara yang akan dihubungi sedang dalam kondisi siap atau tidak untuk menerima panggilan telepon. 

Ide itulah yang mendasari pembuatan aplikasi CatchUp. Sebab, dengan aplikasi ini pengguna bisa melihat apakah orang yang akan dihubungi berkenan menerima panggilan telepon atau tidak.

“Kami menemukan bahwa salah satu alasan utama orang tidak sering menelepon adalah karena mereka tidak tahu kapan mereka bisa berbicara atau khawatir mereka akan menghubungi lawan bicara pada waktu yang tidak tepat,” tulis Nikki Shah,

Product Lead Facebook melalui blog resminya. Aplikasi ini berbeda dengan WhatsApp atau platform sejenisnya. CatchUp dibuat hanya untuk panggilan audio, bukan video.   

Dalam aplikasi, Facebook turut menawarkan opsi pengaturan privasi kepada pengguna sehingga mereka dapat mengontrol siapa saja partisipan yang dapat bergabung dalam panggilan grup.

 CatchUp juga menampilkan opsi “Ready to Talk” yang memungkinkan pengguna dapat langsung bergabung apabila mereka telah diundang untuk melakukan panggilan grup.

Sayangnya, CatchUp baru tersedia untuk wilayah Amerika Serikat. Belum diketahui apakah aplikasi ini akan segera dirilis untuk wilayah lain atau tidak.  

 Aplikasi ini dibuat oleh tim New Product Experimentation (NPE) di Facebook sebagaimana dihimpun beritakita.info dari TechCunch, Kamis (28/5/2020).

Tim ini mendapat tugas untuk membuat sejumlah aplikasi baru yang terpisah dari platform Facebook, guna menguji respon pengguna terkait kegunaan aplikasi tersebut.

Sejauh ini, tim NPE telah menciptakan beberapa produk seperti aplikasi pembuat gambar Whale, platform jejaring sosial Bump, hingga aplikasi musik DJ Aux.

Produk teranyarnya adalah Tuned yaitu aplikasi yang dirancang khusus untuk pasangan.

Facebook mengatakan bahwa, melalui aplikasi Tuned, pasangan bisa berkomunikasi “apa adanya” seperti saat benar-benar bertemu muka.


GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular