Selasa, April 13, 2021
Beranda Karimun Dilantik Oleh Presiden Joko Widodo, Ansar dan Marlin Akhirnya Resmi Nahkodai Kepri

Dilantik Oleh Presiden Joko Widodo, Ansar dan Marlin Akhirnya Resmi Nahkodai Kepri


Karimun- Presiden Joko Widodo akhirnya resmi melantik pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode 2021-2024.


Ansar Ahmad akhirnya resmi menjabat sebagai Gubernur Provinsi Kepri dan Marlin Agustina Rudi resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepri.

Keduanya dilantik langsung oleh orang nomor satu di Republik Indonesia yakni Presiden Joko Widodo bersamaan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dari Sumatera Barat dan Bengkulu.


Pelantikan yang dinanti-nanti masyarakat Kepri itu langsung dilaksanakan di Istana Negara pada Kamis (25/2/2021) Pagi.


“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Gubernur, sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nisa dan bangsa,” Kata Presiden Joko Widodo yang diikuti oleh ketiga pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut

Diakhir prosesi pelantikan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin serta Mendagri Tito Karnavian memberikan ucapan selamat kepada tiga pasang Kepala Daerah yang baru saja dilantik.

Usai dilantik, di hadapan Presiden Ansar mengaku akan fokus memprioritaskan dua hal, yakni penanganan Covid-19 dan recovery ekonomi.

“Saya bersama Ibu Marlin Agustina, dalam membangun Kepri kedepan fokus prioritas kita ada dua hal, pertama penanganan covid-19, karena memang Covid harus kita tangani serius agar berbagai aktivitas ekonomi dan sosial dapat berjalan dengan baik,” ungkap Ansar saat menyampaikan keterangan pers usai dilantik

Kata Ansar, fokus kedua adalah melaksanakan recovery ekonomi, dimana Provinsi Kepri yang pernah mengukir pertumbuhan ekonomi mencapai 8 persen di masa lalu, dimana batam menjadi lokomotif ekonominya.

“Karena Covid ini, karena sebagian besar aktivitas ekonomi kita berorientasi ekspor dan pariwisata. maka saat ini kita mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi yang signifikan, maka kami bersama wakil gubernur dan semua stakeholder di kepri akan berusaha secepat mungkin melakukan usaha-usaha recovery ekonomi,” ujarnya Gubernur Ansar

Gubernur Ansar menjelaskan, hal pertama yang dilakukan dengan membangun sistem layanan birokrasi yang baik, kemudian memberikan relaksasi-relaksasi sebagai insentif bagi pelaku investasi di kepri, sejalan dengan semangat pemerintah pusat yang telah memberikan berbagai relaksasi-relaksasi investasi.

“Menyambut UU Cipta Kerja ini, kita di daerah juga akan melakukan hal yang sama agar kita lebih cepat melakukan pemulihan ekonomi dengan mengundang investasi sebanyak-banyaknya ke Kepri,” jelas Ansar

Ansar juga menyampaikan soal eksistensi UMKM, kemudian program kemitraan antara UMKM dan usaha menengah dan besar, dan itu fokus akan  dilakukan secara intensif, Dia juga mengaku akan konsen menjaga keutuhan provinsi Kepri yang langsung berbatasan dengan negara tetangga.

“Kita akan perkuat intensitas pengamanan di laut, di darat dan di udara bersama TNI dan Polri, agar kita bisa menjaga keutuhan wilayah kita dengan memanfaatkan semua potensi yang ada. Sebagai Bunda Tanah Melayu, semua yang kita lakukan tentu berpayung dengan hasanah budaya melayu, dimana budaya akan menjadi faktor pendorong semangat masyarakat untuk membangun kepri kedepan,” pungkas Gubernur Ansar

*Nichita Bella

GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular