Sabtu, April 13, 2024
BerandaKarimunGelar KOMSOSMAR..Joko Santoso; Jangan Sungkan, Segan dan Takut Komunikasi dengan Kami, Kami...
spot_img

Gelar KOMSOSMAR..Joko Santoso; Jangan Sungkan, Segan dan Takut Komunikasi dengan Kami, Kami Bukan Pejabat yang Harus dikhususkan!

Karimun- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) menggelar kegiatan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) di Mako Lanal TBK pada Rabu (29/6/2022) Pagi.

Tidak hanya kegiatan Komsosmar,  Lanal TBK juga sekaligus menggelar Pelatihan Reformasi dan Birokrasi Bidang Pelayanan Publik (YANLIK) yang  bekerjasama dengan instansi terkait di Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan Komsosmar tersebut dihadiri oleh masyarakat maritim seperti nelayan beserta keluarga para nelayan dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal (Danlanal) TBK, Letkol Laut (p) Joko Santoso mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja Spotmar Mabesal dan Lanal TBK dengan tujuan untuk mempererat hubungan baik dan menjalin ikatan tali silaturahmi serta dapat menciptakan hubungan yang sinergitas diantara TNI AL, Aparatur Pemerintah dengan masyarakat maritim.

“Salah satu tugas TNI AL adalah melaksanakan pembinaan wilayah pertahanan laut melalui komunikasi sosial masyarakat maritim,” kata Danlanal Joko

Menurut amanat Undang-undang RI No.34 tahun 2004, tentang TNI pasal 7 ayat 2 disebutkan bahwa:

1. Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

2. Membantu tugas pemerintah di daerah.

3. Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

4. Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan 

5. Serta membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan.

Danlanal Joko berharap, dari kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan khususnya yang berada di Kabupaten Karimun tentang keselamatan di laut dan mengetahui batas-batas laut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena Kabupaten Karimun merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yang tidak menutup kemungkinan terjadinya pelanggaran-pelanggaran batas wilayah.

“Mencari nafkah adalah hal yang utama, namun keselamatan jiwa jangan diabaikan, artinya manakala cuaca tidak mendukung sebaiknya kembali dan jangan lanjutkan melaut,” kata Danlanal Joko

Danlanal Joko mengimbau kepada masyarakat nelayan agar tidak sungkan untuk berkomunikasi dengan TNI AL jika terjadi permasalahan di laut.

“Saya punya beberapa perwira staf bisa minta aja nomor handphonenya, manakala Bapak-bapak ada keperluan, pos-pos kami juga banyak, silahkan berkomunikasi,” kata Danlanal Joko

Kata Danlanal Joko, sebagai perwakilan TNI AL, ia mengaku bukan siapa-siapa melainkan hanya sebagai pelayan untuk masyarakat.

“Jangan sungkan, jangan segan dan jangan takut untuk berkomunikasi dengan Kami, Kami semua adalah pelayan Bapak-bapak, Kami bukan pejabat yang harus dikhususkan, ada permasalahan apapun tolong sampaikan ke Kami, Kami akan dengan senang hati membantu ataupun memediasi,” kata Danlanal Joko

Dalam kegiatan tersebut, Kominfo menyampaikan bahwa selama ini penggunaan frekuensi Radio yang dipakai oleh nelayan dikawatirkan mengganggu Radio pesawat udara, sehingga Indonesia mendapat komplain dari negara lain. Sebagai jalan tengah, dihimbau kepada masyarakat nelayan untuk mendaftarkan pesawat komunikasinya ke Kominfo tanpa dipungut biaya apapun.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri mengharapkan agar para nelayan membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) agar bisa mendapat bantuan BBM jenis solar bersubsidi dari pemerintah. Karena syarat untuk mendapatkan rekomendasi BBM bersubsidi harus memiliki pas kecil dan NIB.

Sementara Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karimun mengajak  masyarakat harus memahami nilai-nilai kebangsaan serta pengetahuan akan bahaya penggunaan obat-obat terlarang, karena  hal tersebut dapat merugikan negara, jangan sampai masyarakat nelayan turut membantu menyelundupkan Narkoba dari negara tetangga.

Selain Danlanal TBK, kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut dihadiri oleh Palaksa Lanal TBK May. Laut (KH) P. Panjaitan, perwakilan KSOP Karimun Kabid Status Hukum Sertifikasi Kapal (SHSK) kelas 2 Gamal Sembiring, Kepala Cabang Karimun DKP Provinsi Kepri Anwar, Kesbangpol Sugiono,  Kepala Balai monitor SFR radio kelas 2 Batam Muhammad Ma’ruf,  Ketua tim kerja penerbitan Balai monitor SFR radio kelas 2 Batam Bakti Silaban, perwakilan dari pengawasan sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Karimun Herman Boy, Pasintel Lanal TBK  kapten Laut (E). Amir Mahmud, Pasops Kapten Laut (P) Endy Kurniawan, serta Dandenpoma Kapten Laut (PM) Mahatma Adhi Pradana.

Menurut pantauan, selain mendapatkan bimbingan, masyarakat maritim yang hadir juga diberikan santunan silaturahmi, paket sembako serta life jacket gratis untuk keselamatan melaut dari Lanal TBK.

*Nichita Bella

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular