Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaKarimunGubernur Kepri Dorong Pulau Kundur Jadi Sentra Pertanian Andalan, Bupati Karimun Dukung...
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Gubernur Kepri Dorong Pulau Kundur Jadi Sentra Pertanian Andalan, Bupati Karimun Dukung Penuh

Karimun – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad akan mendorong Pulau Kundur, Kabupaten Karimun menjadi sentra pertanian andalan di Kepri.

Hal tersebut disampaikannya langsung saat melakukan panen bersama Sekolah Lapang Inovasi Teknologi Produksi Lipat Ganda di Tanjungberlian, Kundur Utara, Karimun, Sabtu (27/11/2021).

Gubernur Kepri mengatakan, Pulau Kundur merupakan daerah yang subur dan terkenal akan hasil pertaniannya.

Hal itu diakuinya menjadi alasan untuk mendorong Pulau Kundur sebagai sentra pertanian andalan di Kepulauan Riau.

“Oleh karenanya kita akan bersama-sama tetapkan itu, kalau sudah ditetapkan kita juga harus konsisten untuk mendorong Pulau Kundur menjadi sentral pertanian andalan di Kepri,” kata Gubernur Kepri.

Ansar menjelaskan bahwa, Pulau Kundur merupakan sentra sayur-sayuran dan buah-buahan. Sehingga, pihaknya akan memberikan program-program terbaik di dua hal tersebut.

Sambungnya, ia sudah menyiapkan pola-pola bantuan kepada petani untuk mewujudkan Pulau Kundur sebagai sentra pertanian di Kepri.

“Pola-pola bantuan yang kita siapkan tentu seperti Bibit dan Pupuk, tetapi tentu petani yang menerima adalah mereka yang benar benar berkomitmen dan sungguh-sungguh,” kata Ansar.

Dorongan Gubernur Kepri untuk menjadikan Pulau Kundur sebagai sentra pertanian andalan disambut baik oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Orang nomor satu di Kabupaten Karimun ini mengaku akan mendukung penuh hal tersebut.

“Saya berharap dapat sejalan dengan Pemprov Kepri bahwa untuk Pulau Kundur ini dijadikan sebagai Sentra Pertanian,” ujar Bupati Rafiq.

Bupati mengatakan, Pulau Kundur memang sangat relevan dan tepat untuk dijadikan sebagai Sentra Pertanian andalan di Kepulauan Riau.

“Jika Pulau Kundur didorong untuk disejalankan dengan program Pemprov Kepri menjadi sentra pertanian itu sangat relevan dan tepat, karena memang disini dikenal dengan hasil sayur-sayuran dan buah-buahan atau kawasan Holtikultura bukan pencetak sawah,” kata Bupati Rafiq.

Ia menambahkan, Pulau Kundur merupakan daerah yang memang dijadikan skala prioritas pengembangan pertanian di Kabupaten Karimun.

Pasalnya, tiga kecamatan di Pulau Kundur ini merupakan daerah dengan aktifitas pertanian terbanyak di Karimun.

“Selain karena tanahnya yang subur, Pulau Kundur ini memang terbanyak aktifitas pertaniannya. Bahkan, dari total 380 kelompok petani yang ada di Kabupaten Karimun, 70-80 persen nya ada di Pulau Kundur,” ucap Bupati Rafiq.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular