Rabu, Februari 28, 2024
BerandaSosialHarga Sejumlah Sembako di Pasar Dumai Turun
spot_img

Harga Sejumlah Sembako di Pasar Dumai Turun

Ilustrasi: Komiditas Sembako

Dumai, Beritakita.info – Memasuki pekan ke dua bulan Januari 2023, sejumlah harga kebutuhan pokok di Kota Dumai stabil dan bahkan beberapa komoditi mengalami penurunan harga.

Komoditi cabe, umbi umbian dan ikan laut merupakan komoditi yang sejak awal pekan kemarin terus mengalami penurunan harga dengan nilai yang cukup signifikan.

“Awal pekan ini setidaknya ada 7 komoditi sembako yang mengalami penurunan harga di sejumlah pasar tradisional, diantaranya cabe-cabean, bawang, ayam dan ikan laut,” ujar Kabid Pe­ngembangan Perdagangan Dalam Negeri (PPDB) Dumai, Billy pada, Rabu (11/1/2023).

Dikatakan Billy, cabai rawit hijau menjadi komoditi yang mengalami penurunan harga yang signifikan hingga mencapai Rp9 ribu perkilonya. Jika sebelumnya harga cabai rawit hijau dijual Rp65 ribu perkilonya hari ini cabai rawit hijau dijual dengan harga Rp55 ribu perkilo.

Sementara itu, cabai merah besar juga mengalami penurunan harga dari sebelumnya dijual Rp50 ribu perkilo, kini dijual Rp48 ribu perkilonya, sementara cabai merah keriting dari harga Rp34 ribu menjadi Rp32 ribu perkilonya.

Selain itu, cabe rawit hijau yang sebelumnya dijual dengan harga Rp65 ribu perkilo kini dijual Rp55 ribu perkilo. Sedangkan bawang merah juga mengalami penurunan harga Rp2 ribu perkilo dari harga jual sebelumnya Rp38 ribu perkilo menjadi Rp36 ribu perkilo.

“Ada dua jenis ikan yang juga mengalami penurunan di pasar tradisional yakni ikan tuna dan ikan Cakalang. Jika sebelumnya kedua jenis ikan tersebut dijual dengan harga Rp32 ribu perkilo, saat ini dijual dengan harga Rp30 ribu perkilo,” ungkap Billy.

Ayam ras juga saat ini terus mengalami penurunan harga. Sempat menembus Rp38 ribu perkilo, kini harga ayam ras sudah berada di harga Rp30 ribu.

Billy berharap harga itu masih bisa terus turun karena sebelumnya ayam ras sempat dijual dengan harga Rp26 ribu perkilonya.

Sementara sejumlah kebutuhan pokok lainnya seperti beras, daging, telur ayam, minyak goreng, tepung, daging dan ikan-ikan masih dijual dengan harga yang sama dari pekan sebelumnya.

“Turunnya sejumlah komoditi sembako khususnya cabai dan bawang di Kota Dumai ini dikarenakan stok barang yang banyak seiring masuknya masa panen. Cabai dan bawang dari Sumatera Barat dan Sumatera Selatan yang selama ini memenuhi kebutuhan Dumai jumlahnya cukup banyak dipasar,” jelas Billy.

Untuk stabilitas harga pasar, Disperindag Kota Dumai terus menurunkan anggota ke pasar-pasar tradisional Kota Dumai guna memantau harga dan berkoordinaai dengan agen-agen kebutuhan pokok yang ada di Kota Dumai. (RED/CK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular