Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Ekonomi Jaga Kestabilan Ekonomi Rakyat Jelang Idul Adha, Polsek Balai Gencar Periksa Stok...

Jaga Kestabilan Ekonomi Rakyat Jelang Idul Adha, Polsek Balai Gencar Periksa Stok dan Harga Sembako

Karimun- Guna mengantisipasi lonjakan kenaikan harga dan kelangkaan sembako menjelang hari raya Idul Adha 1441 hijriah, Polsek Tanjungbalai Polres Karimun menggelar pengecekan terhadap stok dan harga sembako di wilayah kerjanya, Selasa (14/7/2020) Siang.

Lonjakan harga yang sering terjadi saat menjelang Idul Fitri maupun Idul Adha merupakan suatu hal yang sangat tidak diharapkan oleh masyarakat terutama rakyat kecil dalam memenuhi kebutuhan pangan disaat merayakan hari raya.

Terlebih saat ini kondisi dunia yang sedang terancam krisis pangan sehingga terjadinya lonjakan yang secara tiba-tiba terhadap harga-harga bahan pokok yang disebabkan oleh kelangkaan yang merupakan dampak dari wabah Covid-19 yang sudah pandemi.

Hal tersebut menjadi suatu atensi bagi Kapolsek Balai untuk menjaga kondusifitas perekonomian masyarakat Kecamatan Karimun dengan menurunkan personilnya untuk melakukan pengecekan terhadap stok dan harga sembako menjelang Idul Adha 1441 hijriah.

Kanit Reskrim bersama Anggota Unit Reskrim Polsek Balai Karimun sedang melaksanakan pengecekan terhadap stok dan harga sembako.

Petugas melakukan pendataan terhadap ketersedian stok dan harga kebutuhan pokok seperti halnya beras, tepung, gula, minyak goreng, telur dan mentega.

Dalam pengecekan, ada 5 lokasi gudang distributor sembako di wilayah Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, yang menjadi atensi petugas.

Kapolsek Balai Karimun, AKP Budi Hartono mengatakan, pengecekan dilakukan secara masif guna memastikan tidak terjadinya kenaikan harga jelang Idul Adha nanti.

“Ada lima lokasi gudang distributor yang di cek, kita mengantisipasi kelangkaan stok sembako menjelang hari raya Idul Adha 1441 hijriah,”ujar Budi , Rabu (15/7/2020).

Kanit Reskrim bersama Anggota Unit Reskrim Polsek Balai Karimun sedang melaksanakan pengecekan terhadap stok dan harga sembako.

Selain itu, AKP Budi mengatakan bahwa pengecekan harga juga menjadi hal penting yang harus dilakukan, sehingga tidak terjadi spekulan di pasaran menjelang perayaan Idul Adha mendatang.

“Memainkan harga pasti awalnya dia nimbun biar barang langka, langka harga akan naik. Maka kita cek gudang-gudang nya ada nimbun tidak,” ujar AKP Budi.

AKP Budi menjelaskan, ada sanksi hukum bagi oknum yang kedapatan sengaja memainkan harga serta menimbun sembako.

“Jelas ada sanksi untuk oknum yang bermain, apakah itu memainkan harga atau menimbun sembako dengan sengaja,” jelas AKP Budi.

Namun demikian, dari hasil pengecekan yang dilakukan terhadap ketersediaan dan harga sembako di Karimun saat ini dalam keadaan normal.

“Saat ini kita dapati untuk harga barang masih normal dan stok juga masih cukup,” pungkas AKP Budi

Reporter : NADA SUHALLAH

Editor : NICHITA BELLA

GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tengku Afrizal Dahlan Ajak Masyarakat Bersatu Pasca Pilgub

Karimun - Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Pilgub Kepri) tahun 2020 telah berakhir. Pasangan calon (paslon) Ansar...

Polisi Amankan Lima Pelaku Pencurian di PT Shaftindo Karimun

Karimun - Polres Karimun, Polda Kepulauan Riau berhasil mengungkap tindak pidana pencurian dengan pemberatan di PT Shaftindo Pratama. Sebanyak...

Berbagi Ditengah Pandemi, Jurnalis Karimun Sambangi Panti Asuhan dan Pondok Pesantren

Karimun - Komunitas wartawan yang tergabung Jurnalis Karimun (JK) menggelar bakti sosial (baksos) berupa pembagian paket sembako, Minggu (28/2/2021).

Bakar Lahan Hingga Merambat 3 Hektar, Pria Meral Barat Diamankan Polisi

Karimun- Akibat dengan sengaja melakukan pembakaran terhadap lahan hingga merambat di Guntung Punak Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral Barat...