Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaKarimunMembanggakan, 5 Siswi SMA Santo Yusup Menang Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/...
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Membanggakan, 5 Siswi SMA Santo Yusup Menang Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/ Kota 

Karimun– Lima orang siswi SMA Santo Yusup Kabupaten Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau berhasil menang Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/ Kota (OSN-K) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada Mei 2022 lalu.

Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional  tingkat Kabupaten/ Kota jenjang SMA/MA tahun 2022 dengan tema Sains Pulihkan Negeri itu diketahui telah selesai dilaksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 25 Mei 2022 dengan sembilan bidang sains dan diikuti oleh 230.562 siswa di seluruh Indonesia.

siswa siswi SMA Santo Yusup saat ujian OSN-K 2022

Sembilan bidang tersebut yakni 29.588 orang mengikuti bidang Matematika, 26.396 orang mengikuti bidang Fisika, 27.945 orang mengikuti bidang Kimia, 30.281 orang mengikuti bidang Biologi, 20.877 orang mengikuti bidang Informatika, 19.612 orang bidang Astronomi, 21.300 orang mengikuti bidang Kebumian, 27.363 orang bidang Ekonomi, dan 27.200 orang mengikuti bidang Geografi.

Para pemenang diumumkan yakni pada tanggal 14 Juni 2022 melalui https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/event/sains-dan-teknologi/sma/olimpiade-sains-nasional-2022-2022-sma

Menurut data lampiran pemenang OSN-K Jenjang SMA/MA tahun 2022 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Pusat Prestasi Nasional, menyatakan bahwa terdapat 96 orang siswa dari Provinsi Kepulauan Riau yang lulus menjadi pemenang, yakni bidang Ekonomi sebanyak 22 orang siswa, bidang Fisika 24 orang siswa, bidang Geografi 18 orang siswa, serta bidang Matematika terbanyak yakni 32 orang Siswa.

siswa siswi SMA Santo Yusup saat ujian OSN-K 2022

Khusus di Kabupaten Karimun, terdapat 23 orang yang berhasil lulus menjadi pemenang OSN-K tahun 2022 yang terdiri dari bidang Fisika 6 orang, bidang Geografi 8 orang dan bidang Matematika 9 orang.

Bersaing se-Indonesia bukanlah hal yang mudah, para peserta telah mengikuti seleksi oleh guru mata pelajaran yang kemudian diikut sertakan secara serentak di sekolah masing-masing.

Salah satu sekolah SMA Swasta Santo Yusup Kabupaten Karimun yang diketahui sering meraih prestasi di dunia pendidikan, kini berhasil menghantarkan lima siswinya sebagai pemenang OSN-K tahun 2022.

Lima orang siswinya tersebut yakni Cornelia Butar-Butar kelas 11 mengikuti bidang Fisika, Claudia Butar-Butar kelas 11 bidang Geografi, Evelyn kelas 11 bidang Matematika, Chrisviena Lim kelas 11 bidang Matematika dan Viona Lim kelas 10 bidang Matematika.

para siswi SMA Santo Yusup sebagai pemenang OSN-K yang didampingi oleh Kepala Sekolah serta guru pendamping bidang Geografi, Fisika dan Matematika

Kepala Sekolah Yayasan Tunas Karya SMA Santo Yusup Kabupaten Karimun, Yordanus Tius mengaku sangat bangga atas kemenangan yang diraih oleh siswinya dalam mengikuti OSN-K tahun 2022.

“Kami merasa sangat bangga karena meski keadaan dunia pendidikan cukup goyang saat adanya pandemi covid-19, namun anak-anak tetap bisa mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa bersaing dengan 230.562 siswa siswi se-Indonesia,” kata Yordanus

Selain bangga terhadap ke lima siswinya itu, Yordanus juga mengaku bangga dan berterimakasih kepada para guru pendamping yang sangat berkosentrasi dalam mendorong para siswi terbaik dalam mengikuti OSN-K tersebut. 

“Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru pendamping yang sangat fokus dan berkosentrasi dalam mendorong para siswi kita, terimakasih karena tidak memikirkan kepentingan sendiri serta selalu respon saat dibutuhkan para siswa. Semoga konsisten seperti ini bisa tetap dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Yordanus

Salah seorang guru pendamping bidang studi Matematika, Merliana Julita Sinurat mengaku sangat terharu karena ada tiga orang siswi dari bidangnya yang berhasil lolos menjadi pemenang OSN-K tahun 2022.

para siswi SMA Santo Yusup sebagai pemenang OSN-K yang didampingi oleh Kepala Sekolah serta guru pendamping bidang Geografi, Fisika dan Matematika

“Saya bangga dan terharu, terlepas dari anak kami bidang Geografi dan Fisika, tahun ini  Matematika berhasil membawa tiga nama, saya seperti bermimpi karena sepanjang mengajar di sini saya baru menemukan anak-anak hebat seperti ini,” kata Merliana

Merliana yang selalu di sapa bu Merlin itu berpesan kepada para siswa agar tetap rendah hati dan lebih mempersiapkan diri dari sebelumnya untuk menuju ke tingkat selanjutnya.

“Pendampingan kami tidaklah begitu maksimal, mereka yang sangat mempersiapkan diri, kami hanya melengkapi saat itu, untuk para siswi yang telah mengharumkan nama sekolah kita, tetaplah rendah hati dan lebih mempersiapkan diri dari sebelumnya, karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil,” kata Merlin

Sementara, salah seorang siswi berprestasi dari kelas 11 SMA Santo Yusup yang menang OSN-K 2022 dengan bidang Matematika, Evelyn mengaku tidak menyangka karena pada tahun sebelumnya dirinya tidak berhasil menjadi pemenang.

“Awalnya saya percaya diri karena sebelumnya sudah pernah ikut walaupun gagal, tapi setelah melihat soalnya saya langsung yakin gak lolos lagi, tapi setelah lihat pengumumannya ternyata lolos, saya sangat terkejut dan tidak menyangka,” kata Evelyn yang selalu dijuluki dengan ratu mafia (ratu Matematika, Fisika, dan Kimia)

Hal senada juga disampaikan oleh Siswi kelas 11 Santo Yusup yang lolos mengikuti bidang Fisika, yakni Cornelia Butar-Butar, tidak hanya sendiri, Cornelia juga lolos bersama saudara kembarnya yakni Claudia Butar-Butar kelas 11 bidang Geografi.

“Saya juga sangat terkejut, karena persiapan saya waktu itu kurang sekali, awalnya juga cuma ikut-ikutan saja, namun dapat dukungan dari sekolah, teman dan keluarga, tapi ternyata bisa lolos, saya langsung lompat-lompat terharu seperti tidak percaya gitu,” kata Cornelia

Dengan demikian, 96 orang siswa-siswi dari Provinsi Kepulauan Riau yang lulus menjadi pemenang OSN-K Jenjang SMA/MA tahun 2022, selanjutnya akan menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P). Pemenang OSN-K ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi berdasarkan hasil penilaian dewan juri.

*Nichita Bella

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular