Sabtu, April 13, 2024
BerandaKarimunMusik Orkestra Menjadi Salah Satu  Program Favorit di SMA Santo Yusup Karimun
spot_img

Musik Orkestra Menjadi Salah Satu  Program Favorit di SMA Santo Yusup Karimun

Karimun– Pengembangan minat dan bakat peserta didik menjadi salah satu program unggulan SMA Santo Yusup Karimun, hal tersebut dapat dibuktikan dengan penampilan musik orkestra yang merupakan bagian dari ekstrakulikuler pada bidang kesenian yang cukup membanggakan.

SMA Santo Yusup merupakan sekolah dengan predikat akreditasi A yang memiliki segudang prestasi baik akademik maupun non akademik. Hal tersebut membuktikan bahwa  pihak sekolah melalui tenaga pendidik sangat berkompenten dalam mendidik dan mempersiapkan peserta didik untuk dapat berkompetisi, baik dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjan maupun dalam perlombaan  akademik atau non akademik. 

Pengembangan bidang non akademik seperti bidang  kesenian, merupakan salah satu program ekstrakulikuler yang  sangat digemari peserta didik, hal tersebut terbukti dari jumlah peserta yang cukup antusias.

Kepala Sekolah SMA Santo Yusup, Yordanus Tius mengatakan bahwa, keunikan musik klasik orkestra yang sangat indah didengar, kini telah berhasil dikuasai dan dibawakan oleh para siswa-siswinya di berbagai kegiatan sekolah.

“Bidang kesenian khusus musik orkestra sudah banyak tampil dalam kegiatan sekolah, seperti acara upacara hari  besar nasional, hari besar keagamaan, dan acara perpisahan peserta didik. Musik orkestra tersebut juga mengiringi anggota paduan suara dalam Misa Syukuran Natal dan Tahun baru,” ujar Yordanus 

Yordanus menjelaskan bahwa  program ekstrakulikuler sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan untuk melatih, membina serta mengembangkan bakat peserta, hal ini sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan.

“Lembaga pendidikan merupakan tempat bagi warga satuan pendidik secara khusus peserta didik untuk dilatih  dan dibina menjadi pribadi yang baik di masa mendatang yang memiliki kecerdasan secara Intelektuan, Emosional dan Kecerdasan Sosial,” Kata  Yordanus saat menghadiri acara Misa Syukuran Natal dan Tahun Baru 2023 di Gereja Katolik HKY Sei Bati pada Kamis, (12-1-2023).

Sementara, Pastor Paroki St. Joseph Tanjungbalai, RD. Kristino Widod dalam sambutan penutup memberikan apesiasi dan motivasi bagi peserta didik yang bergabung dalam personil musik Orkestra.

“Music tidak terlepas dalam proses kehidupan, musi juga melatih kecerdasan mental , emosianal sampai pada menemukan sebuah nada yang indah dalam sebuah lagu, musik merupakan insprasi hidup, saya sangat apresiasi terhadap peserta didik yang bergabung dalam personil musik Orkestra,” ujar RD. Kristino, 

Selain musik orkestra, SMA Santo Yusup juga memiliki ekstrakulikuler favorit lainnya di bidang olahraga seperti Futsal, Basket, Tenis Meja, dan Renang, sementara dibidang kesenian seperti paduan suara, seni musik serta pengembangan kecerdasan intelektual melalui Olimpiade Sains. 

*Nichita Bella

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular