Sabtu, April 13, 2024
BerandaKarimunPembukaan STQH ke X Tingkat Provinsi Kepri di Karimun Spektakuler
spot_img

Pembukaan STQH ke X Tingkat Provinsi Kepri di Karimun Spektakuler

Karimun- Gubernur Provinsi Kepulauan Riau membuka secara resmi ajang Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke X tingkat Provinsi Kepri. STQH tersebut digelar di Panggung Rakyat Putri Kemuning Coastal Area pada Selasa, (09/05/2023) Malam.

Pembukaan STQH ke X tahun 2023 itu diawali dengan tarian persembahan sekapur sirih yang dilanjutkan dengan deffile kafilah dari 7 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad yang didampingi Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina membuka secara resmi ajang Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist ke X tingkat Provinsi Kepri yang digelar di Coastal Area Kabupaten Karimun.

Dalam ajang tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap para dewan hakim dapat memberikan nilai secara objektif tanpa ada intervensi dari manapun sehingga peserta dapat berkompetisi dengan apa adanya.

“Berikanlah penilaian secara objektif, tidak boleh intervensi siapapun, biar mereka bersaing, berkompetisi, apalagi ini urusan Al Qur’an, biar saja berjalan dengan apa adanya,” kata Gubernur Ansar

Gubernur juga memberikan apresiasi terhadap tarian kolosal yang menjelaskan hadist Rasulullah tentang anak penghafal al-qur’an yang dapat menjemput orang tuanya menuju surga.

“Bagus sekali temanya, melahirkan anak-anak yang cinta kepada Al-Qur’an, karena hadist mengatakan bahwa anak-anak yang penghafal Al-Qur’an itu nanti ketika orang tuanya tidak masuk ke dalam surga, maka anak yg hafal Al-Qur’an itulah yang mengangkat orang tuanya ke surga, bagus temanya dat mendorong semangat anak-anak,” ujar Gubernur Ansar

Sementara Wakil Gubernur Provinsi Kepri Marlin Agustina yang juga menjabat sebagai Ketua Umum LPTQ Provinsi Kepri mengatakan bahwa tugas berat LPTQ Kepri dan Kabupaten/Kota serta komponen masyarakat lainnya adalah mewujudkan masyarakat Kepri yang bebas dari buta aksara Al-Qur’an.

“Tugas berat kita semua yakni mewujudkan masyarakat Kepri yang bebas dari buta aksara Al-Qur’an, untuk jumlah peserta pada STQH tingkat provinsi tahun ini yakni 117 orang dengan cabang dan golongan yang diperlombakan sebanyak 4 orang dan 10 golongan,” kata Marlin

Pelaksanaan STQH merupakan sebagai ajang mencari dan menyeleksi peserta terbaik guna mewakili Provinsi Kepri dalam rangka mengikuti STQH nasional pada oktober 2023 mendatang yang akan diselenggarakan di Provinsi Jambi.

Ajang STQH yang dihadiri oleh rombongan Walikota dan Bupati se Provinsi Kepulauan Riau itu dilaksanakan sejak tanggal 9 Mei hingga 14 Mei 2023 mendatang.

Reporter: Riana Refalina

Editor: Nichita Bella

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular