Rabu, Februari 28, 2024
BerandaKarimunPeringati HUT Ke-77, Lanal TBK Kobarkan Gerakan Nasional Laut Bersih
spot_img

Peringati HUT Ke-77, Lanal TBK Kobarkan Gerakan Nasional Laut Bersih

Karimun- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) ke-77, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) berupaya mengkobarkan gerakan nasional laut bersih yang dilaksanakam di Panggung rakyat Puteri Kemuning  Costal Area, Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (07/09/2022) Pagi

Pada usianya yang ke 77,  TNI AL mengukir tema “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Laut Bersih Rakyat Sejahtera”

Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK) Letkol Laut (P) Joko Santosa bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Karimun menggelar video conference (vicon) bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono beserta Pejabat Utama, dan Staf Ahli Para Pangkotama, Menteri Menko Marvest RI, Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar,  Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi,  Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria,  serta para undangan perwakilan dari jajaran Kementerian dan pejabat Pemprov DKI Jakarta.

Dalam sambutannya Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengucapkan terimakasih  atas kesediaan para hadirin yang telah datang di acara tersebut, sehingga merupakan kebanggaan dan kehormatan bagi TNI AL.

“Indonesia adalah negara kepulauan, kekayaan alam yg beragam dan melimpah. Laut telah menyediakan kekayaan yang melimpah dan tentunya untuk kesejahteraan kita semua, dan pemerintah menetapkan misi maritim  sebagai cita-cita bersama,” kata Kasal

Kata Kasal, Presiden telah menekankan bahwa kita harus kerja keras untuk mengembalikan Indonesia menjadi negara Maritim. Menurutnya Samudera, Selat dan Teluk adalah masa depan kesejahteraan bangsa.

“Kita telah lama memunggungi lautan, kini saatnya mengembalikan semua sehingga kita akan tetap Jalesveva Jayamahe yang artinya di laut kita kaya.  Misi dan cita-cita tersebut harus disukseskan secara bersama dengan peran aktif yang nyata, bukan cuma sekedar selokan,” jelas Kasal

Dengan momentum peringatan HUT TNI AL ke 77 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022 mendatang, pihaknya akan berusaha mengobarkan gerakan Nasional laut bersih.

Gerakan tersebut telah dimulai dengan kegiatan serentak dari jajaran terkecil di seluruh Indonesia dan berkolaborasi dengan segenap elemen masyarakat, dengan harapan masyarakat akan mencintai lautan dengan menjaga kebersihan lautan.

Peserta yang  berpartisi  dalam rangkaian kegiatan HUT TNI AL Ke-77 di Kabupaten Karimun dari Lanal TBK yakni sebanyak 40 personil, Kodim 0317/ TBK 15 personil,  Polres Karimun 15 personil, KSOP 15 personil,  Basarnas 5 personil, Pramuka Saka Bahari 15 personil, KKP Pelabuhan 7 personil,  dan Dinas Lingkungan Hidup sebanyak 10 personil.

Reporter: Riana Refalina

Editor: Nichita Bella 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular