Sabtu, Juli 24, 2021
spot_img
BerandaKarimunPulau Jang Karimun Resmi Jadi Kampung Bahari Nusantara

UCAPAN PELANTIKAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KARIMUN

spot_img

Pulau Jang Karimun Resmi Jadi Kampung Bahari Nusantara

Karimun – Pulau Jang, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau diresmikan sebagai Kampung Bahari Nusantara olej Danlantamal IV Laksma TNI Indarto Budiarto, Jum’at (22/1/2020).

Danlantamal IV Laksma TNI Indarto Budiarto mengatakan, pencanangan yang diprakarsai oleh Lanal Tanjungbalai Karimun itu merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

“Pencanangan ini adalah perintah langsung dari bapak Kasal yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam hal memajukan desa,” kata Indarto.

Perihal terpilihnya Pulau Jang tersebut, Indarto menyebut telah melalui survey ketat dari 42 desa yang ada di Kabupaten Karimun.

Survey itu, kata dia, dilakukan oleh Lanal Tanjungbalai Karimun yang sudah melalui hasil koordinasi dengan forkopimda lainnya.

“Pulau Jang sudah memenuhi kriteria-kriteria sebagai kampung bahari nusantara. Diantaranya, memiliki taman baca, tempat wisata, ketahanan pangan dan fasilitas kesehatan,” ujar Indarto.
“Desa lainnya tentunya juga akan dibina sebagai kampung bahari nusantara sebagai wujud TNI dalam membantu memajukan desa,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan terimakasih kepada Danlantamal serta jajarannya yang telah mencanangkan desa jang sebagai kampung bahari nusantara.

Menurutnya, Pulau Jang yang terdiri dari dua Desa. Yaitu, Jang Luar dan Jang Dalam tersebut memang layak dicanangkan karena sudah memenuhi kriteria-kriteria sebagai kampung bahari nusantara.

“Semoga adanya kampung bahari nusantara ini dapat memotivasi pemerintah desa dan warganya dalam hal memajukan desa, khususnya di sektor pariwisata agar dapat meningkatkan minat wisatawan,” jelas Rafiq.

Orang nomor satu di Karimun ini juga turut mengapresiasi peran tiga pilarnya. Yakni, Lanal Tanjungbalai Karimun, Kodim 0317/tbk dan Polres Karimun dalam membantu mensejahterakan masyarakat.

Pasalnya, sebelum pencanangan kampung bahari nusantara oleh Lanal Tanjungbalai Karimun juga ada desa tangguh oleh Polres Karimun dan Kodim 0317/TBK.

“Saya sangat mengapresiasi sekali peran tiga serangkai yang luar biasa ini dalam mensejahterakan masyarakat khususnya ditengah pandemi COVID-19,” ucap Rafiq.

Diketahui, selain pencanangan kampung bahari nusantara juga turut dilaksanakan agenda lainnya seperto penyerahan bantuan paket sembako, alat kesehatan, buku bacaan dan alat olahraga.

Kemudian, tradisi permainan rakyat berupa perahu jong, khitanan massal, peninjauan rumah pintar dan taman baca dan peninjauan ekonomi kreatif berupa budidaya rumput laut.

spot_img

GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular