Kamis, Mei 6, 2021
Beranda Karimun SAKIP 2020, Pemkab Karimun Kembali Raih Nilai BB

SAKIP 2020, Pemkab Karimun Kembali Raih Nilai BB

Karimun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Kepulauan Riau mendapat penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) RB tahun 2020.

Penghargaan itu diterima atas hasil evaluasi SAKIP Pemkab Karimun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang berhasil mendapat nilai “BB” (70 – 80) atau sangat baik.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Setiap instansi pemerintah atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

Capaian Pemkab Karimun itu, diumumkan secara virtual dalam ajang SAKIP RB Award 2020 yang dihadiri Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo di Birawa Asembly Hall Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (22/4/2021).

“Alhamdulillah dan saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua OPD yang mampu memberikan laporan kinerja instansi yang bertanggung jawab sehingga berhasil mendapat nilai BB ini,” ujar Plh Bupati Karimun, Muhammad Firmansyah, Jum’at (22/4/2021).

Plh Bupati mengatakan, nilai BB yang diraih oleh pihaknya itu, sudah menjadi yang kelima kalinya secara berturut-turut.

Dengan begitu, kata dia, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan pencapaian SAKIP hingga mendapat nilai AA.

Untuk meraih nilai tersebut, Firmansyah meminta seluruh OPD untuk terus meningkatkan tanggung jawabnya terhadap kinerjanya dengan fokus mewujudkan visi dan misi Kabupaten Karimun selama 5 tahun ke depan.

Menurutnya, butuh keterlibatan dan kerja sama semua OPD untuk meraih nilai tersebut, seperti dalam menyusun perencanaan yang harus benar-benar terkonsep.

Kemudian, juga komitmen OPD dalam menyusun perencanaan, efesiensi anggaran terhadap penyusunan anggaran, serta stake holders juga harus mengetahui visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Karimun.

“Kita akan terus berusaha agar kinerja OPD di lingkungan Pemkab Karimun terus meningkat, tidak hanya meningkat saja. Namun, juga dengan capaian-capaiannya,” ucap Plh Bupati.

Diketahui, dalam SAKIP Award 2020 itu, juga diumumkan hasil untuk 7 Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepulauan Riau.

Dimana, hasil evaluasi SAKIP Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau meraih nilai BB, Pemerintah Kota (Pemko) Batam meraih nilai B, Pemko Tanjung Pinang meraih nilai BB.

Lalu, Pemkab Bintan meraih nilai B, Pemkab Lingga meraih nilai CC, Pemkab Natuna meraih nilai BB, dan Pemkab Kepulauan Anambas meraih nilai CC.

GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular