Sabtu, April 17, 2021
Beranda Karimun Satpolairud Polres Karimun Terjang Ombak Selamatkan Puing Kapal Nelayan Jaring Kurau

Satpolairud Polres Karimun Terjang Ombak Selamatkan Puing Kapal Nelayan Jaring Kurau

Karimun, Kundur- Satuan Polairud Polres Karimun langsung berupaya melakukan pencarian dan penyelamatan atau SAR ( Search And Rescue ) terhadap sebuah kapal jaring kurau milik nelayan Pulau Setunak Desa Tulang Kecamatan Karimun yang tenggelam di perairan Pulau Lalang Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun, Selasa (12/1/2020) Siang.


Meski cuaca amat buruk dengan kapasitas gelombang yang amat tinggi serta curah hujan dan angin yang cukup kuat, namun tak mengurungkan niat para tim penyelamat SAR laka laut dari Satuan Polairud Polres Karimun untuk melakukan evakuasi terhadap musibah yang menimpa nelayan Pulau Setunak Desa Tulang Kecamatan Karimun.


Kapolres Karimun AKBP Dr Muhammad Adenan mengatakan bahwa pihaknya langsung berupaya melakukan penyelamatan terhadap kapal jaring kurau yang tenggelam akibat diterjang ombak lebih dari 3 meter tersebut.


“Anggota SAR laka laut kita yang dibantu dengan BKO Dit Polairud Polda Kepri serta Pos Polairud Selat Beliah langsung melaksanakan pencarian atas badan kapal tersebut. Posisi kapal berada di perairan Pulau Lalang dalam keadaan timbul sebagian, kita juga dibantu oleh ABK Kapal KIP. Sele milik Mitra PT.Timah,” ujar Kapolres Adenan


Kapolres Adenan mengatakan pihaknya berupaya untuk melakukan penarikan terhadap bangkai kapal tersebut.


“Kita melakukan pengamanan terhadap TKP dan berupaya menyelamatkan barang-barang yang ada di atas kapal, rencananya kita akan menarik kapal tersebut hingga ke Pulau Setunak tempat tinggal nelayan pemilik kapal, namun hujan dan gelombang yang amat tinggi menjadi kendala untuk kita melakukan penarikan hari ini sehingga kita tunda hingga besok,” jelas Kapolres Adenan

Untuk jumlah kerugian, diperkirakan senilai 80 juta rupiah, sementara untuk korban jiwa atau korban luka dinyatakan nihil. Ketiga nelayan yang menjadi  korban tenggelamnya kapal jaring kurau tersebut atas nama Bahtiar (46 tahun) beserta 2  Orang ABK Kapalnya bernama Abu Talib (30 tahun) dan Khairul Fahmi (23 tahun). Para korban saat ini sudah berada dikediaman masing-masing di Pulau Setunak Desa Tulang Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun Kepulauan Riau.

*Nichita Bella

GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular