Jumat, Mei 24, 2024
BerandaKarimunSepanjang Tahun 2023, Imigrasi Karimun Terbitkan Puluhan Ribu Paspor dengan 5 Inovasi...
spot_img

Sepanjang Tahun 2023, Imigrasi Karimun Terbitkan Puluhan Ribu Paspor dengan 5 Inovasi Terbaru

Karimun, beritakita.info- Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungbalai Karimun Provinsi Kepulauan Riau, merilis capaian kinerja sepanjang tahun 2023, press release tersebut dilaksanakan di Kantor Imigrasi Karimun pada Rabu (03-01-2024) Pagi.

Menurut data yang dipaparkan langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Zulmanur Arif, Jumlah kedatangan WNA ke Kabupaten Karimun mencapai 50.381 orang. Sementara keberangkatan WNA berjumlah 50.486 orang.

Untuk kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) atau lintas Domestik ke Kabupaten Karimun tercatat sebanyak 190.868 orang, dan keberangkatan 182.753 orang.

“Dari total jumlah kedatangan WNA ke Karimun itu terdapat 18 orang yang ditolak karena adanya indikasi pelanggaran keimigrasian,” kata Zulmanur Arif

Arif mengatakan bahwa kedatangan WNA beragam, ada yang untuk berwisata, untuk keperluan bekerja, juga ada yang dengan tujuan kunjungan investor.

“Penerbitan Izin Tinggal Tetap (ITAP) WNA di Kabupaten Karimun terbanyak dari Singapura, Pakistan, Tiongkok, India, Malaysia, Myanmar dan Thailand. Untuk Penerbitan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) WNA terbanyak berasal dari negara India, Philipina, Thailan, Italia dan Malaysia,” ujar Arif0

Arif mengatakan, untuk tindakan administrasi keimigrasian yang tercatat sebanyak 24 orang, sementara tindakan deportasi WNA yang kita lakukan sepanjang 2023 sebanyak 26 orang .

“Sepanjang tahun 2023, kami menerbitkan paspor yang biasa sebanyak 21.972 paspor dan penerbitan paspor elektronik sebanyak 362 paspor ,” kata Arif

Agar wilayah Kabupaten Karimun aman dan terkendali, Arif mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan penyelidikan intelijen sebanyak 40 kali sepanjang 2023, sementara operasi mandiri sebanyak 21 kali, dan 2 kali operasi gabungan sepanjang tahun 2023.

Sepanjang tahun 2023, Imigrasi Karimun juga telah menciptakan berbagai Inovasi baru seperti SINI PAPA (Sistem Pendeteksian Dini Penerbitan Paspor), SIP PRHATA (Sistem Informasi Permohonan Paspor Rusak, Hilang, dan Perubahan Data), SILAU (Imigrasi Antar Pulau), SITELA (Imigrasi Televisi Layanan) dan SIPATU LAPOR (Sistem Penatausahaan Blangko Paspor)

Sementara ada 4 penghargaan yang diperoleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun sepanjang tahun 2023 yakni piagam penghargaan meraih predikat terbaik III atas capaian kerja teknis keimigrasian Oktober 2022-2023 oleh Kanwil Kepri, piagam penghargaan meraih predikat terbaik II atas capaian hasil survey integritas Oktober 2022-2023 oleh Kanwil Kepri, piagam penghargaan atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terkait Penerbitan Dokumen Perjalanan Luar Negeri (Paspor) oleh Ketua DPRD Kabupaten Karimun, dan piagam penghargaan karena telah berperan aktif dalam mendukung program P4GN di Kabupaten Karimun oleh Kepala BNN Kabupaten Karimun.

*Nichita Bella

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular