Senin, April 12, 2021
Beranda Karimun Tampung Aspirasi Nelayan, Nyimas Novi Ujiani Dukung Terbentuknya PKNKB.

Tampung Aspirasi Nelayan, Nyimas Novi Ujiani Dukung Terbentuknya PKNKB.

Karimun – Anggota Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjaring aspirasi sejumlah nelayan cumi-cumi dan sotong di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Minggu (21/06/2020) Siang

Dalam pertemuan tersebut Nyimas mendukung para nelayan untuk membentuk sebuah persatuan sehingga memiliki wadah agar tetap bersatu padu.

Persatuan Kelompok Nelayan Karimun Berazam (PKNKB)
merupakan nama yang dipilih oleh para nelayan di hadapan wakil rakyat tersebut.

“Saya kagum dengan gagasan dan inisiatif para nelayan untuk membentuk PKNKB ini, karena selama bertahun-tahun para nelayan cumi dan sotong ini belum memiliki wadah yang berbadan hukum untuk melindungi diri mereka selama berlayar di laut lepas” Ujar Nyimas Novi saat bertemu dengan para nelayan, Minggu (21/6/2020).

Dikatakan Nyimas, ia yang diminta para nelayan untuk menjadi penasehat ini meminta agar terbentuknya PKNKB tidak hanya sebatas membentuk organisasi.

“Kelompok ini harus berbadan hukum yang jelas, dimana nantinya melibatkan pelindung atau penasehat seperti instansi terkait mengenai kelautan dan perkapalan, hal ini agar ketika nelayan mendapat kendala selama beraktivitas, semua unsur dapat membantu” Katanya.

Nyimas menjelaskan, selain kendala saat berada di laut, para nelayan juga menyampaikan kendala mereka terkait Sumber Daya Manusia (SDM), dikarenakan mereka belum ada buku pelaut.

“Terkait buku pelaut saya harap pemerintah daerah dapat membantu, kalau jumlah nelayan banyak, kita bisa laksanakan sekolah pelaut disini, sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada nelayan,” jelasnya.

Sementara itu, Alfanani. Perwakilan para nelayan mengatakan, sebelum adanya PKNKB, para nelayan tidak memiliki kelompok yang menaungi.

Hal itu menyebabkan, ketika para nelayan mendapatkan kendala ketika melaut, selalu diselesaikan secara perorangan.

Untuk itu para nelayan membentuk PKNKB agar nasib mereka kedepannya selama di laut bisa lebih baik lagi.

“Kedepan kami harap agar terbentuknya organisasi ini para nelayan lainnya juga bisa bergabung bersama kami , kemudian kita juga berharap kesediaan aparat penegakan hukum di laut serta pemerintah daerah untuk mengayomi kami semua, agar terciptanya keselamatan di laut ” Kata Alfanani.

Alfanani menyampaikan, saat ini baru sekira 60 kapal nelayan yang didalamnya masing-masing terdapat sekitar 10 awak kapal yang tergabung di PKNKB.

“Sementara ini masih nelayan cumi dan sotong, namun kita mengharapkan agar nelayan jenis apapun bisa bergabung untuk memperkuat persatuan nelayan ini, dan selanjutnya kita akan membuat badan hukum ke notaris, agar kepengurusan bisa segera dikukuhkan,” ujarnya.

Terakhir, ia yang mewakili para nelayan ini mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPRD Karimun, Nyimas Novi Ujiani yang telah menginisiasikan terbentuknya Persatuan Kelompok Nelayan Karimun Berazam (PKNKB).

“Terimakasih atas perhatian dari ibu nyimas selaku anggota dewan, untuk itu kami meminta ibu nyimas sebagai penasehat PKNKB agar terus dapat mengayomi kami sebagai kelompok nelayan,” Ucapnya.

Untuk diketahui, selanjutnya Nyimas Novi Ujiani bersama Persatuan Kelompok Nelayan Karimun Berazam (PKNKB) berencana akan menggelar silaturahmi dengan instansi terkait seperti Kapolres Karimun Dandim 0317 /tbk, Danlanal Tanjungbalai Karimun, KSOP, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Karimun, untuk meminta kesediaannya sebagai dewan pembina, pelindung dan penasehat kelompok nelayan tersebut.

GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular