Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Nasional Terakhir Hari Ini, Begini Cara Mengisi Sensus Penduduk Online

Terakhir Hari Ini, Begini Cara Mengisi Sensus Penduduk Online

beritakita.info – Sensus penduduk  online yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak pertengahan Februari lalu akan berakhir pada hari ini, Jumat (29/5/2020).

Sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun tersebut bertujuan menghasilkan satu data kependudukan untuk membuat perencanaan di berbagai bidang.

Oleh karena itulah pihak BPS meminta keikutsertaan masyarakat secara aktif untuk mengisi sensus tersebut dengan baik dan jujur.

Untuk mengikuti sensus penduduk secara online, Anda bisa mengunjungi halaman resmi Sensus Penduduk 2020 melalui tautan berikut.

 Nantinya, peserta sensus akan dihadapkan pada sebuah halaman login. Sebelum ikut serta dalam sensus online, sebaiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu dokumen yang dibutuhkan.

Kelengkapan dokumen ini adalah nomor identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP, dan nomor kartu Keluarga (KK).

Bila sudah siap, peserta bisa langsung mengisi sensus penduduk dengan login menggunakan kedua nomor identitas tersebut.

Pengisian sensus bisa dilakukan lewat komputer atau smartphone, dengan menggunakan  browser apapun seperti Chrome, Firefox, hingga Opera.

Berdasarkan keterangan dari halaman resmi BPS, sensus online hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit waktu pengisian.

Berikut tata cara mengisi sensus penduduk online.

Pertama, peserta sensus perlu masuk ke halaman Sensus BPS (https://sensus.bps.go.id/login) melalui browser yang tersedia di ponsel maupun perangkat komputer.

Kedua, isi nomor NIK yang tertera di KTP Anda, kemudian tulis kode captcha yang tertera di dalam situs. Setelah itu, klik tombol “cek keberadaan”.

Ketiga, setelah masuk, peserta sensus akan diminta untuk membuat password dan memilih pertanyaan pengamanan untuk menjaga keamanan data Anda. Usahakan pilih pertanyaan yang tepat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Keempat, setelah mengisi semua tahapan, peserta akan diberi sejumlah daftar pertanyaan. Jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan kondisi saat ini. Beberapa contoh pertanyaannya akan meliputi alamat, daya listrik, jenis air minum yang digunakan, dan data anggota keluarga lainnya.

Kelima, setelah selesai mengisi daftar pertanyaan, klik tombol “kirim” dan unduh bukti pengisian sensus. Dengan ini, Anda telah selesai mengisi sensus penduduk online.

Selain secara online, pengisian sensus penduduk 2020 ini juga akan dilakukan pihak BPS dengan menggunakan metode sensus konvensional yang akan dilaksanakan pada Juli 2020.

GALLERY FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tengku Afrizal Dahlan Ajak Masyarakat Bersatu Pasca Pilgub

Karimun - Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Pilgub Kepri) tahun 2020 telah berakhir. Pasangan calon (paslon) Ansar...

Polisi Amankan Lima Pelaku Pencurian di PT Shaftindo Karimun

Karimun - Polres Karimun, Polda Kepulauan Riau berhasil mengungkap tindak pidana pencurian dengan pemberatan di PT Shaftindo Pratama. Sebanyak...

Berbagi Ditengah Pandemi, Jurnalis Karimun Sambangi Panti Asuhan dan Pondok Pesantren

Karimun - Komunitas wartawan yang tergabung Jurnalis Karimun (JK) menggelar bakti sosial (baksos) berupa pembagian paket sembako, Minggu (28/2/2021).

Bakar Lahan Hingga Merambat 3 Hektar, Pria Meral Barat Diamankan Polisi

Karimun- Akibat dengan sengaja melakukan pembakaran terhadap lahan hingga merambat di Guntung Punak Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral Barat...