Sabtu, April 13, 2024
BerandaLingga29 CJH Asal Kecamatan Singkep Cek Kesehatan Tahap Pertama
spot_img

29 CJH Asal Kecamatan Singkep Cek Kesehatan Tahap Pertama

Tim medis Puskesmas Dabo Lama memeriksa kesehatan Calon Jemaah Haji asal Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga

Lingga, Beritakita.info – Puskesmas Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama terhadap 29 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kecamatan Singkep pada, Kamis (19/1/2023).

Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama, dr. Jonner Simbolon mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi CJH berupa pemeriksaan laboratorium dan kesehatan lainnya.

“Jadi kita melakukan pemeriksaan kesehatan CJH ini seperti pemeriksaan laboratorium, cek tensi, dan pemeriksaan kesehatan lainnya,” kata dr. Jonner.

Dikatakan Jonner bahwa pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama dilaksanakan di Puskesmas Dabo Lama yang telah di tunjuk oleh Dinkes Lingga.

“Bertujuan untuk mengetahui status kesehatan setiap calon jemaah haji sebagai seleksi awal,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk prosesnya yakni mulai dari pendaftaran dan tahap pemeriksaan lainnya. Hasil pemeriksaannya bisa didapatkan pada hari itu juga.

“Nanti akan diterangkan oleh tim dokter pemeriksaan kita terkait dengan hasil tersebut dan apakah mereka diberikan obat ataupun diberikan edukasi yang lain,” bebernya.

Sementara Kasubag TU UPT Puskesmas Dabo Lama, Sushenni mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini memiliki peran penting dalam menentukan layak atau tidaknya CJH berangkat ke tanah suci.

“Sebab pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi CJH selama berada di tanah suci,” kata Sushenni.

Sushenni menambahkan bahwa data kesehatan CJH yang didapat dengan menggunakan metode pemeriksaan medis sebagai upaya perawatan dan pemeliharaan, serta pembinaan dan perlindungan terhadap CJH.

“Semoga hasil pemeriksaan yang dilakukan pada hari ini semua dalam keadaan baik-baik saja sehingga CJH dapat berangkat pada waktunya,” pungkasnya. (RED/WN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular