Sabtu, April 13, 2024
BerandaLinggaWarga Lingga Kini Bisa Akses KTP dan KK Lewat Smartphone
spot_img

Warga Lingga Kini Bisa Akses KTP dan KK Lewat Smartphone

Kepala Disdukcapil Lingga, Recky Sarman Timur saat diwawancarai wartawan

Lingga, Beritakita.info – Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga mulai melakukan Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital.

Kepala Disdukcapil Lingga, Recky Sarman Timur mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai menerapkan KTP digital yang dapat diakses melalui ponsel pintar khususnya android.

Pemakaian KTP digital diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 72/2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko KTP-Elektronik serta Penyelenggaraan IKD.

Penerapannya, kata Recky, dimulai dari Disdukcapil Provinsi Kabupaten/Kota dulu, dan Disdukcapil Lingga yang pertama menggunakan aplikasi ini. Aksesnya bisa melihat KTP, KK dan Kartu Vaksin, saat ini berbagai hal yang juga sudah bisa dilihat seperti NPWP, Anggota DTKS, Kartu Pemilih (KPU), KIS dan KIA, selain itu, aplikasi IKD tersebut sudah dapat di download masyarakat di ponsel android.

“Masyarakat pengguna ponsel android sudah bisa mendownload aplikasi IKD, namun untuk aktivasi harus datang ke Disdukcapil, karena hanya petugas Disdukcapil bidang PIAK yang dapat mengaktivasinya,” terang Recky pada, Rabu (4/1/2023).

Saat ini, lanjut Recky, pihaknya memang baru bergerak hanya melalui instansi pemerintah, tapi akan dilaksanakan juga kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Lingga, untuk dapat mengaksesnya masyarakat harus memiliki smartphone.

“Secara bertahap kita sudah mulai melaksanakan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di Kecamatan Singkep. Nantinya kita akan melaksanakannya juga di Daik, hingga saat ini Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Recky.

Sementara Kabid Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Tanti Malinda menyampaikan bahwa saat ini lebih kurang 11 OPD yang ada di Dabo Singkep sudah menggunakan aplikasi KTP digital tersebut, mulai dari kecamatan hingga kelurahan.

Untuk masyarakat, tambah Malinda, yang datang ke Disdukcapil Lingga untuk pengurusan dokumen, diarahkan ke Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) untuk aktivasi, untuk sosialisasi secara luas dilakukan secara bertahap.

“Kami berharap masyarakat mendukung penuh, karena ini program pemerintah yang banyak manfaatnya untuk kita semua, dan pelan-pelan bertransformasi ke era digital. Kedepan kita berharap banyak masyarakat yang sudah menggunakan KTP digital ini,” ujarnya. (RED/WN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular