Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaKarimunPeringati Hari Mangrove Sedunia, Lanal TBK Tanam 5.000 Pohon di Pesisir Desa Pongkar
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lanal TBK Tanam 5.000 Pohon di Pesisir Desa Pongkar

Karimun – Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun (Lanal TBK) melaksanakan penanaman ribuan pohon mangrove, Selasa (26/7/2022).

Penanaman yang digelar dalam momentum Hari Mangrove Sedunia itu, dilakukan secara serentak di 77 lokasi oleh jajaran TNI AL se-Indonesia.

Desa Pongkar dipilih oleh Lanal TBK sebagai lokasi penanaman pohon yang dikenal dengan banyak manfaat tersebut.

Adapun tema dari kegiatan tersebut adalah ‘Dengan Semangat Hari Mangrove Sedunia, Kita Tumbuhkan Mangrove di 77 Lokasi Jajaran TNI AL se-Indonesia.

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Joko Santosa mengatakan, penanaman mangrove merupakan inisiasi dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono.

“Digelar serentak se-Indonesia, Lanal TBK dalam momentum ini menanam sebanyak 5.000 pohon mangrove,” kata Danlanal Joko

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam sambutannya secara virtual menyampaikan bahwa penanaman mangrove secara serentak merupakan upaya menyikapi terjadinya bencana alam yang melanda tanah air.

“Tanah longsor dan bencana banjir hampir terjadi di seluruh daerah di Indonesia, maka sepatutnya kita harus introspeksi dengan berbenah diri untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Salah satunya adalah Mangrove,” katanya.

Rusaknya hutan pantai termasuk mangrove dinilai sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan.

“Hal ini karena hutan Mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang bisa mengikis daratan pantai,” kata KSAL Yudo.

Turut hadir dalam kegiatan Vicon dan penanaman Mangrove Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Joko Santosa, S.E.,M.Tr. Hanla, CHRMP, Pasops Kapten Laut (P) Endy Kurniawan, Pasintel Kapten Laut (E) M. Amir Machmud, S.ST. Han, Dan Unit Intel Lettu Laut (S) Syahrudin, Perwira Staf, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal TBK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular